Tips Menulis Siaran Pers Untuk Membantu Anda Sukses

By tuktukecologic.com Jul 25, 2023

Kami tidak bisa cukup menekankan pentingnya siaran pers yang ditulis dengan baik.

Saat Anda menulis siaran pers, ingatlah audiens target Anda. Pada saat yang sama, perlu diingat bahwa sebagian audiens Anda adalah editor, reporter, atau jurnalis. Ini penting karena ini adalah orang-orang yang jika mereka menyukai cerita Anda, akan menerbitkannya untuk memberi Anda eksposur lain.

Pastikan paragraf pertama siaran pers Anda menjawab pertanyaan penting seperti Siapa, Apa, Kapan Di Mana, dan Mengapa. Anda memiliki satu kalimat untuk tidak kehilangan editor/jurnalis.

Konten dalam siaran pers Anda harus akurat, mudah dibaca, dan to the point. Siaran pers yang ditulis dengan baik tidak harus berupa novel. Ingat Publikasikan Press Release Secara Online inti dari siaran pers adalah untuk membujuk pembaca atau jurnalis untuk menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut. Anda tidak perlu memberi tahu seluruh riwayat hidup Perusahaan Anda. Faktanya, siaran pers yang lebih pendek (biasanya antara 175 – 300 kata) cenderung mendapat lebih banyak paparan, jika ditulis dengan baik. Mengapa? Karena banyak jurnalis publikasi perdagangan mungkin mencari informasi singkat yang informatif untuk mengisi tempat di majalah, surat kabar, atau situs web. Pernahkah Anda melihat snip-it pendek di sisi majalah, atau di sisi bawah halaman situs web. Tebak dari mana informasi itu berasal.

Siaran pers yang ditulis dengan hati-hati dan informatif pasti akan menarik perhatian jurnalis. Pastikan Anda meluangkan waktu, dan edit rilis Anda dengan hati-hati.

Bagian 2 – Jangan Membumbui atau Jasa Press Release Membesar-besarkan Tata Bahasa Siaran Pers Anda

Seperti yang sudah kita ketahui siaran pers yang ditulis dengan baik, dengan waktu yang tepat akan memberi Anda eksposur yang dicari dan diharapkan semua orang.

Sekarang setelah Anda menulis siaran pers Anda, mengirimkannya untuk didistribusikan dan menerima panggilan telepon dan email tentangnya, Anda pasti memiliki beberapa pertanyaan yang harus dijawab.

Jika siaran pers Anda ditulis dengan hiasan, Anda akan kehilangan kredibilitas dengan sangat cepat. Perlu diingat, hilangnya kredibilitas ini juga akan terbawa ke siaran pers mendatang. Jurnalis akan mengingat sebuah sumber. Mereka akan mengingat sebuah nama. Mereka akan mengingat situs web. Jika Anda meninggalkan rasa tidak enak di mulut mereka, mereka akan mengingat pengalaman ini. Ini berarti lain kali Anda mengirimkan siaran pers, yang mungkin akurat untuk kedua kalinya, tidak akan dilihat oleh jurnalis yang mengingat Anda sebagai seseorang yang akan membumbui sebuah cerita. Jangan membumbui atau membesar-besarkan siaran pers Anda.

Pastikan jika Anda menggunakan fakta dan angka untuk meningkatkan cerita Anda, Anda harus memberikan sumber angka-angka ini di mana Anda bisa. Alasannya sederhana. Itu menambah kredibilitas. Jika Anda mempublikasikan angka atau informasi, meskipun informasinya akurat, orang mungkin mengikuti teori “harus bagus untuk menjadi kenyataan”. Sekali lagi, meskipun sama sekali tidak bersalah, dapat menyebabkan munculnya kebenaran. Dan sekali lagi, ini akan menyebabkan siaran pers Anda mungkin diabaikan di masa mendatang.

Jika informasi itu benar, dan Anda tidak dapat mencadangkannya, jika mungkin bersikaplah konservatif dan beri tahu mereka saat mereka menghubungi Anda. Ini mungkin tidak selalu memungkinkan, tetapi ingat, Anda tidak ingin mematikan jurnalis/editor.

Bagian 3 – Tata bahasa

Harap pastikan siaran pers Anda telah dibaca, diedit, dan dibaca ulang sebelum dikirimkan. Siaran pers yang ditulis dengan buruk akan mematikan dengan sangat cepat bagi jurnalis atau editor mana pun. Siaran pers yang ditulis dengan buruk juga akan menjadi cerminan negatif bagi Perusahaan mana pun.

Dengan melakukan itu, Anda akan dapat menemukan kesalahan tata bahasa. Meskipun beberapa penulis terbaik kadang-kadang melewatkan kesalahan tata bahasa atau kesalahan ketik, dengan memastikan Anda membaca, mengedit, dan membaca ulang siaran pers Anda, Anda secara drastis mengurangi kemungkinan kesalahan.

Cetak siaran pers Anda. Dengan mencetak siaran pers Anda dan membaca salinan kertas, kemungkinan besar Anda akan menemukan kesalahan. Ini berfungsi dengan baik untuk siaran pers yang mungkin sedikit lebih panjang.

Mungkin minta rekan kerja atau teman meninjau siaran pers Anda. Terkadang sepasang mata lain mungkin menemukan kesalahan. Meskipun Anda mungkin telah membaca dan membaca ulang pekerjaan Anda, terkadang saat Anda sangat fokus, Anda mungkin menghilangkan kesalahan.

Tunggu sampai pagi dan baca kembali siaran pers Anda. Anda tidak akan percaya apa perbedaan yang bisa dilakukan tidur malam untuk Anda saat Anda menulis. Saat Anda cerah dan segar, baca kembali siaran pers Anda untuk memastikan persis seperti yang Anda inginkan.

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *