Bingung Mau Desain Bangunan Rumah? Desain Accent Wall Solusinya

By tuktukecologic.com Aug 7, 2023

Jasa Bangun Rumah Sesuai Dengan Selera di Pekanbaru. Accent wall adalah metode dekorasi yang menggunakan finishing tertentu untuk membuat satu sisi dinding ruangan terlihat lebih mencolok. Teknik ini adalah inovasi baru dalam desain rumah sebagai alternatif untuk wallpaper yang tampak monoton. Dinding dengan finishing accent wall tidak hanya berfungsi sebagai penyekat, tetapi juga membangun suasana yang bagus untuk meningkatkan tampilan ruangan. Saat ini, Anda dapat memilih dari berbagai desain aksen dinding yang dapat disesuaikan dengan konsep bangunan Anda.

Sebagai referensi, berikut beberapa inspirasi desain dinding aksen yang bisa kita pilih saat sedang membangun rumah.

  1. Mainkan Warna

Cara paling mudah untuk menerapkan dinding accent adalah dengan bermain-main dengan warna di dinding; Anda dapat mengecat sebagian dinding dengan warna yang lebih kontras daripada yang lain. Pilih warna terang seperti fuschia, merah merah, kuning lemon, atau hitam.

Pilihan warna apa pun cocok untuk diaplikasikan selama warna tersebut sesuai dengan furnitur dan pajangan ruangan lainnya. Tetapi kita masih harus berhati-hati. Agar warna terlihat serasi meskipun kontras, pastikan warna yang dipilih sesuai dengan konsep desain.

  1. Eksperimen Pola

Jangan ragu untuk membuat pola pada dinding accent untuk menghindari kesan monoton. Anda bisa membuat pola garis-garis yang dipadukan dengan cat metalik saat Anda menyelesaikannya, atau Anda bisa membuat pola dengan memadupadankan beberapa warna cat dalam spektrum yang sama untuk menciptakan suasana yang elegan.

Untuk desain semacam ini, hal yang paling penting adalah menghindari pola yang tidak beraturan. Bentuk seperti garis, segitiga, dan persegi sangat disarankan karena mereka tidak akan mengalihkan perhatian kita dan lebih fokus pada konsep finishing yang diinginkan pemilik rumah.

  1. Dinding Unfinished

Di Indonesia, konsep industrial sekarang banyak digunakan dalam konsep rumah. Dinding yang tidak selesai adalah salah satu fitur desain ini. “Unfinished” hanyalah istilah. Pada kenyataannya, agar tampilannya tahan lama, desain semacam ini membutuhkan finishing khusus.

Jangan ragu untuk menghubungi arsitek profesional untuk mendapatkan hasil dinding tidak selesai yang optimal. Dinding beton terbuka, seamless, polished, atau faux concrete wall finish adalah beberapa teknik yang biasanya digunakan untuk memunculkan dinding accent.

  1. Dinding Galeri

Jika Anda ingin menerapkan dinding aksen tetapi tidak ingin mengubah sebagian dinding, teknik dinding galeri bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda hanya membutuhkan beberapa gambar dan dekorasi untuk ditempel seperti di galeri.

Meskipun tampak sederhana, metode ini tidak boleh digunakan sembarangan. Namun, Anda masih perlu menentukan ide dan menggabungkannya dengan benar agar hasilnya tampak luar biasa. Untuk mencapai accent wall yang diinginkan, jangan ragu untuk mencari referensi di internet atau berkonsultasi dengan ahli.

  1. Wallpaper Retro

Apabila Anda tidak terlalu suka melapisi dinding dengan wallpaper, letakkan satu sisi saja untuk menampilkan desain rumah dengan dinding aksen. Pilih wallpaper bertema retro untuk menciptakan suasana klasik sekaligus elegan. Teknik ini juga termasuk salah satu yang mudah. Anda dapat menerapkan desain aksen dinding modern hanya dengan menempelkan wallpaper favorit Anda di salah satu dinding.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *